Jumat, 05 Juni 2020

Peta Hijau


Namun, kehadiran Peta Hijau dengan metode pemetaan bersama berhasil menarik masyarakat lokal, khususnya para pemuda untuk ikut berpartisipasi. Pendekatan non formal dengan teknik komunikasi yang mudah dipahami oleh masyarakat umum membuat komunitas ini mendapatkan kepercayaan dari masyarakat setempat. Tour Belitung Bahkan masyarakat lokal mengagumi komitmen yang tinggi dari para anggota komunitas yang melakukan kegiatan pemetaan secara sukarela. Tidak hanya memproduksi peta, Belitung Tour kegiatan ini juga merupakan proses pendataan dan pendokumentasian bersama Paket Tour Belitung informasi sejarah desa, tradisi lokal, potensi dan permasalahan, Tour Belitung Murah serta perkembangan kondisi lingkungan Desa Borobudur. Lebih lanjut, hasil dari kegiatan ini diintegrasikan dalam Rencana Pembangunan Desa Borobudur dan menjadi embrio pengembangan SIG Desa Borobudur di kemudian hari.
Komitmen Nantes untuk Melibatkan Masyarakat  dalam Perencanaan
Partisipasi masyarakat juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah daerah di Perancis. Terminologi yang kerap digunakan Travel Belitung di Perancis adalah “demokrasi partisipatif” dengan esensi dasar Pantai di Belitung melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan kebijakan. Lebih tepatnya, prinsip utama dari demokrasi partisipatif adalah proximity democracy yang menawarkan kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk ikut menyuarakan pendapatnya (Le Galic, 2004). Walaupun pembahasan mengenai implementasi nyata dari demokrasi partisipatif berlangsung hingga sekarang, namun transformasi yang terjadi dapat diamati dengan jelas.
Kota Nantes, terletak di bagian barat Perancis, menunjukkan perkembangan yang menarik dalam upayanya melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan. Pengalaman pertama dilakukan pada tahun 1989 melalui penyebaran angket untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam rangka pengembangan jalur tram dalam kota. Setelah itu, Nantes terus berevolusi dalam upayanya menerapkan partisipasi masyarakat melalui pengesahan peraturan, pembentukan institusi yang berwenang, serta pelaksanaan program-program partisipatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar