Minggu, 12 Juli 2020

Kepuasan Peserta Jamsostek


Dari tabel di atas skor tertinggi dari jawaban responden adalah 28, karena jumlah responden adalah 67 orang, maka skor tertinggi adalah 7 x 67 x 4 = 1.876. Dan skor terendah adalah 7 x 67 x 1 = 469. Adapun jumlah skor jawaban responden dari hasil penelitian adalah 1.748. Jadi tingkat pelaksanaan Tour Belitung fungsi pelayanan  adalah 1.748 : 1.876 = 0,932 atau 93,2%. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan fungsi pelayanan pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Belitung Tour Cabang Grogol sebesar 93,2% dari kriteria yang ditentukan.
Untuk mengetahui pada tingkat mana pelaksanaan fungsi pelayanan pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol dapat digambarkan secara kontinum sebagai berikut :


Dari hasil perhitungan Travel Belitung di atas, maka dapat dikatakan bahwa proses pelaksanaan fungsi pelayanan pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol terletak antara alternatif jawaban ( B ) dan (A ) yaitu Baik. Posisi tersebut belum mencapai titik maksimal yaitu 1876 dengan kata lain fungsi pelayanan yang dilaksanakan oleh PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol masih harus ditingkatkan dimasa yang akan datang.


2.   Kepuasan Peserta Jamsostek Pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol
Sebagaimana telah diuraikan pada bab sebelumnya, peningkatan fungsi pelayanan merupakan langkah penting Tour Belitung Murah dalam menentukan strategi peningkatan kualitas pelayanan.
Dalam peningkatan Paket Tour Belitung fungsi pelayanan sebagai alternatif strategi yang ditetapkan harus mengacu pada prinsip dasar dan berorientasi pada kepuasan pelanggan agar tercipta pelayanan yang unggul (service of excelent) yang diharapkan dapat memberikan kepuasan sesuai tingkat harapan dan keinginan peserta. Sehingga strategi pelayanan yang ditetapkan dan implementasinya juga dapat dijadikan indikator pengukur kinerja serta sebagai salah satu bentuk pengawasan.
Untuk mengetahui kepuasan peserta Jamsostek pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol, peneliti bertitik tolak pada indikator kepuasan pelanggan sebagai berikut :
1.      Tidak terdapat tunggakan pekerjaan.
2.      Tidak terdapat keluhan peserta.
3.      Target yang ditentukan tercapai.
4.      Peraturan-peraturan ditaati.
5.      Tidak terjadi penyimpangan dalam bentuk apapun.
6.      Ketegasan dalam proses pelayanan dan dilakukan dengan penuh keramahan.
7.      Terdapat inovasi dan sikap proaktif dalam pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar