Sabtu, 11 April 2020

Pengumpulan Data


Menurut Richey dan Klein 2009 dalam Sugiyono (2015) menyatakan bahwa data yang akan di kumpulkan oleh peneliti akan tergantung pada hipotesis dan Tour Belitung rumusan masalah. Selain itu dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data di lakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi.  Dalam penelitian Belitung Tour ini teknik pengumpilan data di lakukan dengan pengumpulan Travel Belitung data primer dan data sekunder, yaitu sebagai berikut:
1.        Data primer
Data primer adalah data yang di peroleh dengan jalan di kumpulkan sendiri oleh peneliti dan langsung dari objek yang di teliti Kusmayadi (2000). Teknik pengumpulan data primer yang akan di gunakan dalam penelitian ini antara lain:
a.              Observasi
Menurut Cristensen 2004 dalam Sugiyono (2015) observasi adalah pengamatan terhadap pola tentang perilaku manusia dalam situasi tertentu untuk mendapat informasi tentang fenomena yang diinginkan, dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi ke kawasan Gusong Bugis.
b.             Wawancara
Teknik wawancara merupakan teknik pengumpulan data primer yang membantu dan melengkapi pengumpulan data yang tidak dapat di ungkapkan oleh teknik observasi, teknik ini di lakukan dengan cara Tanya jawab antara pewawancara dengan yang di wawancara untuk meminta keterangan atau pendapat mengenai suatu hal sehingga dapat memperkuat data saat observasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar